6 Manfaat Buah Semangka

6 Manfaat Buah Semangka Buah semangka segar

Manfaat Buah Semangka. Buah Semangka atau yang mempunyai nama latin Citrullus lanatus ini adalah buah yang menawarkan rasa manis dan sangat segar jika dikonsumsi pada siang hari yang panas. Selain rasanya yang manis, buah semangka juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

Semangka merupakan salah satu dari jenis tumbuhan yang hidup merambat, semangka ini kabarnya berasal dari daerah gurun yang ada di Afrika. Semangka mempunyai warna daging yang berbeda, ada yang merah dan ada yang kuning, akan tetapi menurut penelitian para ahli, semangka yang memiliki daging warna merah mempunyai kadar lycopene yang tinggi.

Lycopene adalah salah satu sumber antioksidan, kandungan lycopene dalam buah semangka dengan daging merah lebih baik bagi tubuh jika dibandingkan dengan semangka dengan daging berwarna kuning.

Manfaat buah semangka terhadap kesehatan juga tidak sedikit, hal tersebut terlihat dari banyaknya kandungan gizi yang terdapat pada buah semangka. Penasaran seperti apa beberapa manfaat dan khasiat buah semangka? Simak 6 Manfaat Buah Semangka terhadap kesehatan berikut ini:

  1. Kandungan air dan kalium yang ada pada daging dan kulit semangka sangat bermanfaat bagi penderita hipertensi dan mampu menstabilkan tekanan darah.
  2. Dengan meminum jus semangka setiap hari, anda dapat terhindar dari penyakit kronis seperti stroke dan diare yang parah.
  3. Memakan buah semangka akan memperlancar saluran kencing anda,ini sangat baik bagi anda yang sering susah buang air kecil.
  4. Buah semangka memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, begitu juga dengan biji semangka yang mampu mencegah dan mengobati penyakit kanker. Kandungan antioksidan dalam semangka mencakup beta-karotin dan vitamin C yang tinggi yang dapat menyehatkan sel-sel tubuh.
  5. Semangka mengandung Likopen yang mampu meningkatkan stamina pria. Bukan hanya itu, buah semangka juga mampu menambah tingkat kesuburan baik pria maupun wanita.
  6. Buah semangka memiliki kandungan serat yang tinggi dan terbebas dari lemak, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh Anda yang sedang dalam program diet atau penurunan berat badan. Juga sangat bermanfaat bagi Anda yang mengalami masalah obesitas.

(Disadur dari berbagai sumber dengan penggubahan seperlunya)

Top News

Paduan Kopi dan Kacang Almond, Bikin Tubuh Lebih Bertenaga

Minum kopi – Kacang almond adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang paling banyak digemari di seluruh dunia. Kacang almond bisa dikonsumsi dalam bentuk…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Konsumsi Kentang, Cara Mudah Melangsingkan Badan

Banyak orang beranggapan bahwa jika ingin memiliki tubuh yang langsing, kurangilah asupan karbohidrat misalnya saja seperti kentang, nasi dan sejenisnya. Padahal tak ada…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Susu, Pilihan Tepat Untuk Penderita Diabetes

Pada umumnya penderita diabetes memiliki batasan-batasan/ukuran tertentu ketika mengonsumsi makanan maupun minuman supaya tidak meningkatkan gula darah dalam tubuh dan kondisi ini jauh…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Usir Racun Dalam Tubuh dengan Kentang

Manfaat kentang tidak hanya sebatas menjadi obat sakit maag saja, namun juga mampu menjadi penawar rajun dalam tubuh. Kentang adalah salah satu bahan…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Sembuhkan Demam (panas) dengan Es Krim ini

Tak sedikit orang yang melarang anaknya untuk tidak mengonsumsi Es Krim ketika sedang demam. Es Krim, memang tak baik dikonsumsi ketika demam maupun…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Seledri Merupakan Tanaman Obat serta Bahayanya

Seledri (Apium graveolens) adalah tumbuhan yang berasal dari daerah subtropis Eropa dan Asia. Tumbuhan ini termasuk sayuran daun dan tumbuhan obat yang biasa…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq