3 Makanan Yang Mengandung Lemak Baik

3 Makanan Yang Mengandung Lemak Baik Buah alpukat segar

Lemak baik merupakan lemak tertentu yang dapat memberikan efek positif terhadap kesehatan tubuh, oleh karenanya jangan buru-buru untuk tidak mau mengonsumsi makanan yang mengandung lemak karena takut gemuk.

Jika anda merupakan seseorang yang takut gemuk, sebaiknya fokuskan untuk mengonsumsi makanan dengan monounsaturated (lemak tak jenuh tunggal) atau dikenal sebagai asam lemak omega 9.

Asam lemak omega 9 dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, hal tersebut disebabkan karena lemak omega 9 dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah. Disamping itu, lemak omega 9 juga kaya akan vitamin E yang baik untuk menjaga sistem sirkulasi sehat dan berikut ketiga makanan yang mengandung lemak omega 9 tersebut:
1. Minyak zaitun
Minyak zaitun dikenal sebagai minyak yang kaya akan lemak tak jenuh tunggal. Menjadikan minyak zaitun tambahan bumbu masak maupun ketika mengonsumsi salad dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Kurang lebih 80 persen kandungan dari minyak ini adalah lemak tak jenuh tunggal, khususnya asam lemak omega 9 atau asam oleat. Cukup dengan sepertiga sendok teh dapat mengasup tubuh 3,3 gram lemak tak jenuh tunggal serta polifenol dan vitamin E.

2. Buah Alpukat
Buah alpukat dikemas dengan lemak yang menyehatkan, lemak yang terkandung dalam buah alpukat bisa membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Walaupun alpukat tinggi kalori, namun dapat memberikan manfaat baik terhadap kesehatan.

Satu buah alpukat mengandung 30 gram lemak tak jenuh dan 16 gram lemak tak jenuh tunggal. Hal ini berarti, hanya dengan seperempat buah alpukat dapat mencukupi asupan likopen, beta karoten serta penyerapan antioksidan lain secara optimal.

3. Kacang-kacangan
Meskipun sering dikatakan sebagai penyebab munculnya jerawat dan minyak pada wajah, kacang ternyata banyak mengandung lemak tak jenuh tunggal. Seperti halnya Kacang Almond dan kacang kenari dianjurkan para ahli untuk dikonsumsi, hal ini dikarenakan kacang-kacangan tersebut membantu kesehatan jantung.

Dalam porsi 200 kalori, kacang hazelnut dan filbert mampu memberikan 15 gram lemak tak jenuh tunggal. Sementara itu kacang pecan, mete serta almond dapat memenuhi kebutuhan akan nutrisi tubuh 11 gram lemak tak jenuh tunggal hanya dalam satu porsi 200 kalori.

Top News

Bakar Lemak Perut Dengan Makanan Berikut

diwarta.com – Lemak perut memang sering membuat kita merasa tak nyaman. Selain ukuran celana yang tidak ideal, lemak perut juga menjadikan perut terlihat…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Inilah Bahan Pangan Kuno yang Kaya Manfaat

Bahan Pangan Kuno (Polo Kependem) Sumber Karbohidrat Kompleks, Sehat dan Kaya Manfaat. Di Indonesia, terkenal sejak dahulu kaya akan sumber bahan pangan yang…

Yoan Allawy Yoan Allawy

Manfaat Lidah Buaya / Aloe Vera (Aloe Barbadensis Milleer)

(Manfaat / khasiat lidah buaya), Lidah buaya atau yang dikenal dengan nama Aloe Vera merupakan jenis dari tanaman berduri. Lidah buaya berasal dari…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Pemanis Buatan, Punya Efek Menggemukkan

Diwarta Food – Pemanis buatan biasanya merupakan pemanis pengganti gula yang dipakai untuk memberikan rasa manis dalam makanan/minuman. Pemanis buatan terbuat dari berbagai…

Zahfi Yuki Zahfi Yuki

Batasi Asupan 3 Makanan Olahan Susu Berikut

Makanan olahan susu merupakan produk olahan yang salah satu bahannya menggunakan susu yang kaya akan kandungan vitamin D dan kalsium. Nutrisi tersebut sangat…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq

Tips Menyajikan Mie Supaya Lebih Kaya Nutrisi dan Gizi

Mie merupakan salah satu jenis makanan yang populer di Indonesia, bahkan di dunia. Saat ini merk mie, khususnya mie instan banyak kita temui…

Moh Nurrofiq Moh Nurrofiq