TOP News
Home » Makanan » Inilah Bahan Pangan Kuno yang Kaya Manfaat
Makanan sehat polo kependem

Inilah Bahan Pangan Kuno yang Kaya Manfaat

Bahan Pangan Kuno (Polo Kependem) Sumber Karbohidrat Kompleks, Sehat dan Kaya Manfaat.

Di Indonesia, terkenal sejak dahulu kaya akan sumber bahan pangan yang beragam dan melimpah. Salah satunya adalah sumber bahan pangan selain beras, yang dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia seperti di Jawa dan daerah lainnya sejak zaman dahulu.

Sebagai contoh, di Jawa ada istilah “Polo Kependem” istilah kuno tersebut ditujukan, bagi sumber bahan pangan non beras yang berasal dari rumpun umbi-umbian yang dapat diolah menjadi bahan makanan. Bahan makanan tersebut antara lain adalah Ubi Jalar, Singkong, Bengkoang, Talas, Garut, Ganyong, Suwek, Bentoel dan sebagainya.

Pada era modern saat ini, seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan, bahan pangan tersebut termasuk dalam golongan bahan pangan sumber karbohidrat kompleks. Para Ahli mengungkapkan, karbohidrat kompleks adalah karbohidrat yang struktur kimianya terdiri dari 3 molekul gula atau lebih yang saling terikat dalam suatu rantai molekul. Diungkapkan pula bahwa, sumber bahan pangan karbohidrat kompleks tersebut mengandung gula yang kaya akan serat, vitamin dan mineral.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa bahan pangan yang kita makan apabila mengandung kaya akan serat, vitamin dan mineral, maka makanan tersebut adalah makanan yang sehat dan kaya manfaat bagi tubuh.

Disisi lain, keunggulan dari “polo kependem” di lihat dari sudut pandang ketercemarannya dengan kimia berbahaya (seperti pestisida dan lainnya), adalah dipastikan hamper seluruhnya terbebas dari zat-zat berbahaya tersebut, karena dihasilkan dari pembudiayaan tanaman yang dilakukan secara alami tanpa perlakuan kimiawi (organik).

Berdasarkan beberapa uraian manfaat diatas, kiranya perlu untuk kita kembali ke bahan pangan asli warisan leluhur, yang ternyata sangat baik untuk kesehatan serta kemanfaatan yang luar biasa.

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE