TOP News
Home » Makanan » Makanan Khas Tanah Air Ini Bukan Asli Indonesia
Ilustrasi makanan restoran

Makanan Khas Tanah Air Ini Bukan Asli Indonesia

diwarta.com Tak diragukan lagi, Indonesia merupakan gudanganya wisata kuliner. Ragam kuliner di Indonesia sangat bervariasi, setiap daerah memiliki kuliner khas masing-masing, bahkan salah satunya pernah dinobatkan menjadi masakan paling enak di dunia. Masakan itu adalah Rendang yang berasal dari Sumatra barat.

Tapi tahukah Anda bahwa tak semua masakan khas di Indonesia berasal dari Indonesia? Berikut ini adalah beberapa masakan Indonesia yang tidak berasal dari Indonesia.

1. Nasi Goreng
Makanan ini nampaknya sudah jadi makanan yang melekat di hati bagi orang Indonesia. Makanan yang lebih nikmat disantap malam hari ini tidak susah ditemukan dimanapun kita berada. Selalu ada saja mamang-mamang yang jualan nasi goreng di sekitar kita.

Nasi goreng Indonesia memang terkenal nikmat, bahkan artis-artis mancanegara yang mampir di Indonesia selalu ingin mencicipi kelezatannya. Tapi taukan Anda bahwa ternyata nasi goreng itu berasal dari Tiongkok. Menurut sejarahnya nasi goreng ini udah ada sejak 4000 SM. Konon bangsa Tionghoa tidak suka dengan makanan sisa kemarin atau makanan yang sudah dingin. Jadi akhirnya digorenglah nasi yang sudah dingin tersebut agar bisa dihidangkan kembali ke meja makan. Nasi Goreng tersebar ke derah Asia Tenggara lewat orang-orang tionghoa yang dating untuk berdagang.

2. Mie
Sebelas duabelas dengan nasi goreng, Mie sudah jadi bagian dalam kehidupan orang Indonesia. Akan sangat mudah untuk menikmati mie di Indonesia, pedagannya pun ga kalah banyak sama pedagang nasi goreng. Walaupun Anda tidak dapat menemukan pedagang mie, Anda tetap bisa masak mie sendiri dengan mie cepat saji yang fenomenal di Indonesia.

Akan tetapi walaupun Indonesia banget, ternyata mie sendiri bukan kuliner asli Indonesia. Mie yang berasal dari gulungan adonan tepung dan telur ini telah diakui oleh Italia, Cina, dan Arab. Meraka mengaku adalah tempat dimana mie berasal . Dalam sebuah tulisan tua, mie sudah ada sejak tahun 25 sampai 220 masehi yang berada dalam masa Dinasti Han Timur. Jadi bisa dipastikan, asal mula mie adalah dari Cina.

3. Siomay
Yang kita tahu siomay adalah makanan khas bandung. Daging sapi, ikan tengiri, udang, adalah ragam isi dari siomay. Kulitnya berasal dari kulit pangsit yang diisi sama isi-isian yang beragam tadi, di lengkapi dengan sayuran seperti kubis, kentang, pare, tahu, telur, dan gorengan kulit pangsit, makanan ini akan sangat bikin ngiler kalo udah disiram kuah kacang yang dicampur kecap, jeruk nipis dan sambal.

Nah, kalau Anda ngotot banget kalau siomay adalah makanan khas Bandung atau Jawa Barat, maka Anda salah besar. Siomay adalah kuliner yang pertama kali ada pada bangsa Mongolia Dalam.

4. Soto
Memang belum jelas asal soto dari mana. Tapi yang jelas orang Indonesia hamper semuanya pernah makan soto. Di Indonesia sendiri sangat banyak varian dari soto, mulai dari Soto Lamongan, Soto Betawi, Soto Madura, Soto Medan, Soto Pekalongan, dan masih banyak soto-soto yang lainnya dengan isi dan penyajian yang berbeda. Namun usut punya usut lagi-lagi kuliner ini berasal dari Tionghoa. Selain itu banyak juga yang mengatakan soto adalah perpaduan masakan dari India, Cina, dan bumbu-bumbu khas Indonesia.

5. Bakso
Bundar, isinya daging, kuah kaldu, bawang goreng, mie, pangsit, tahu, dan isi-isian lainnya. Yak, itulah bakso. Musim penghujan pedagang yang jualan bakso pasti laku keras. Mulai dari yang super murah sampai bakso yang dijajakan di restoran mahal. Bakso sangat melekat dengan bangsa Indonesia sampai ada lagu anak yang judulnya abang tukang bakso.

Mungkin sebagian dari kita telah tau kalau kuliner ini dari Cina. Namun bangsa eropa juga punya resepnya ini sejak jaman dahulu. Wah jadi asalnya dari mana dong?

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE