TOP News
Home » Makanan » Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Sup Ayam Jamur
Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Sup Ayam Jamur Sup Jamur Menyehatkan

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Sup Ayam Jamur

Nutrisi – Jamur di Cina memang terkenal akan manfaatnya, terlebih jika ditambah dengan bumbu-bumbu dan bahan tradisional sehingga tercipta resep sup ayam jamur yang menyehatkan.

Diwartakan dari Naura Mag edisi November 2012 bahwa Di Cina pada umumnya mengonsumsi sup ayam jamur ini untuk meningkatkan kesehatan ketika sedang musim dingin dan kini para ahli telah menemukan khasiat dalam resep sup ayam jamur berikut.

Bahan:

  • 450 ml kaldu ayam (usahakan kuah dari rebusan tulang ayam)
  • 3 iris jahe segar
  • 450 gram dada ayam tanpa tulang, tanpa kulit, potong dadu
  • 100 gram jamur segar, iris-iris
  • 250 gram nasi beras cokelat – brown rice (matang)
  • 2 sendok makan soy sauce low sodium
  • 1 sendok teh minyak wijen
  • 3 batang daun bawang, iris tipis

Cara mengolah:

  • Masukkan kaldu ayam ke panci dan tambahkan irisan jahe. Masak dengan api besar hingga mendidih, setelah mendidih kecilkan api hingga 15 menit dan keluarkan jahe.
  • Beri irisan ayam dan jamur (rebus hingga matang)
  • Masukkan nasi cokelat, soy sauce, minyak zaitun. (masak sekitar 3 menit)
  • Angkat dan sajikan untuk 6 porsi dengan taburan daun bawang.

Khasiat atau manfaat sup ayam jamur ini adalah mampu mengurangi simptom pilek saluran pernapasan atas serta efektif dalam menghambat kuman yang masuk kedalam tubuh.

Senyawa anti-inflammantory dalam jahe yang terdapat dalam resep ini juga dapat mengurangi rasa sakit dan nyeri.

Daun bawang yang juga menjadi bagian dari resep ini kaya akan kandungan quercetin dan flavonoid lain yang baik untuk membunuh bakteri berbahaya dalam tubuh.

Kandungan selenium dalam jamur pada sup ini dipercaya dapat menurunkan risiko serangan flu. Sedangkan Brown rice diperkaya dengan kandungan manganese (sejenis mineral) yang mampu mengumbah protein dan karbohidrat dalam tubuh menjadi sumber tenaga.

Comments

Related Post

Seledri Merupakan Tanaman Obat serta Bahayanya

Seledri Merupakan Tanaman Obat serta Bahayanya

Seledri (Apium graveolens) adalah tumbuhan yang berasal dari daerah subtropis Eropa dan Asia. Tumbuhan ini termasuk sayuran daun dan tumbuhan obat yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan dan obat tradisional. Ciri-ciri tumbuhan Seledri ini adalah pohonnya kecil, tingginya kurang dari 1 meter. Daun tersusun majemuk dengan tangkai panjang. Batangnya biasanya sangat pendek, bersegi dan beralur Read More »

Makanan Khas Tanah Air Ini Bukan Asli Indonesia

Makanan Khas Tanah Air Ini Bukan Asli Indonesia

diwarta.com Tak diragukan lagi, Indonesia merupakan gudanganya wisata kuliner. Ragam kuliner di Indonesia sangat bervariasi, setiap daerah memiliki kuliner khas masing-masing, bahkan salah satunya pernah dinobatkan menjadi masakan paling enak di dunia. Masakan itu adalah Rendang yang berasal dari Sumatra barat. Tapi tahukah Anda bahwa tak semua masakan khas di Indonesia berasal dari Indonesia? Berikut Read More »

Tips Berdagang Makanan / Kuliner dengan Menu Yang Sama

Tips Berdagang Makanan / Kuliner dengan Menu Yang Sama

Jaman sekarang banyak sekali peluang usaha di bidang kuliner. Banyak juga menu yang ditawarkan, sampai-sampai setiap satu meter berdagang dengan menu yang sama. Tapi itu tidak menjadi permasalahan yang berarti. Lalu, bagaimana cara menyiasati agar kita tampil beda di mata konsumen meski dengan menu yang sama, simak tips-tips berdagang kuliner berikut ini: Kita harus sadar Read More »

Buah Cherry, Lancarkan Aliran Darah dalam Tubuh

Buah Cherry, Lancarkan Aliran Darah dalam Tubuh

Nutrisi – Buah cherry manis ternyata tidak hanya lezat dimulut saja, namun buah yang satu ini juga berkhasiat untuk kesehatan seperti halnya mampu melancarkan aliran darah dalam tubuh. Dalam sebuah studi terbaru diketahui bahwa mengkonsumsi 45 buah cherry manis setiap hari efektif untuk membantu melancarkan aliran darah serta mengurangi resiko terserang berbagai penyakit. Diwartakan dari Read More »