TOP News
Home » News » 4 Makanan yang Dapat Dikonsumsi Bersama Kulitnya
4 Makanan yang Dapat Dikonsumsi Bersama Kulitnya Ilustrasi buah apel. © Shutterstock/Alexander Image

4 Makanan yang Dapat Dikonsumsi Bersama Kulitnya

Nutrisi – Pada umumnya jenis makanan tertentu hanya dapat dikonsumsi bagian dagingnya saja, sementara itu untuk biji dan kulit dibuang. Namun, tahukah Anda jika beberapa makanan tertentu seperti yang dilansir dari Care2 ini dapat dikonsumsi bersama kulitnya dan tentunya kaya akan nutrisi.

Adapun beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi beserta kulitnya adalah sebagai berikut:
Almond
Sewaktu menikmati kacang almond, lebih baik jangan membuang kulitnya. Sebab, dalam kulit kacang almond mampu merangsang kinerja bakteri dalam usus yang melancarkan pencernaan. Dalam sebuah penelitian bahkan diketahui kalau kulit almond mengandung flavonoid dan vitamin E yang berperan dalam menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Jeruk
Walaupun dalam mengonsumsi buah jeruk tak secara langsung dinikmati bersama kulit, namun ‘baju’ buah jeruk dapat diparut dan dicampur ke dalam makanan penutup. Kulit buah jeruk dipercaya mampu menambah cita rasa masakan. Disamping itu, kulit buah jeruk juga kaya akan serat, sedikitnya tidak kurang dari empat kali lipat lebih banyak daripada dagingnya. Dalam sebuah diketahui bahwa kulit buah jeruk jeruk memiliki senyawa alami yang bermanfaat dalam melawan kanker.

Apel
Buah lain yang dapat dikonsumsi beserta kulitnya adalah buah apel, baik apel hijau maupun buah apel merah. Sebab, berbagai penelitian yang dilakukan menunjukkan kalau kulit apel sangat baik untuk membantu menurunkan kolesterol, lemak dalam darah, menurunkan risiko penyakit jantung serta diabetes dan obesitas. Selain itu, manfaat kulit buah apel juga dapat menguatkan otot dan efektif untuk membantu proses penurunan berat badan.

Bawang bombai
Jenis bumbu dapur yang satu ini memang cukup mengejutkan, karena tak banyak orang yang mengetahui jika bawang bombai dapat dimakan bersama kulitnya. Dalam sebuah penelitian terdahuu menunjukkan bahwa kulit bawang bombai kaya akan flavonoid, anti inflamasi, dan antioksidan tinggi. Sehingga ketika menambahkan bawang bombai untuk memasak, pastikan untuk tidak membuang bagian kulitnya.

Dari beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi beserta kulitnya tersebut, yang manakah makanan kesukaan Anda?

Comments

Related Post

Konsumsi Kentang, Cara Mudah Melangsingkan Badan

Konsumsi Kentang, Cara Mudah Melangsingkan Badan

Banyak orang beranggapan bahwa jika ingin memiliki tubuh yang langsing, kurangilah asupan karbohidrat misalnya saja seperti kentang, nasi dan sejenisnya. Padahal tak ada bukti riset / penelitian yang menyatakan kentang dapat menambah lemak serta menyebabkan kegemukan. Menurut Britt Burton-Freeman salah seorang pengajar di University of California, AS “Jika kentang diproses dengan benar, maka justru dapat Read More »

Cegah Serangan Flu dengan Minyak Kelapa (Coconut Virgin Oil)

Cegah Serangan Flu dengan Minyak Kelapa (Coconut Virgin Oil)

Kesehatan – Musim dingin dan musim penghujan memang identik dengan mudahnya seseorang terserang penyakit flu dan pilek. Gangguan kesehatan yang satu ini memang sangat mudah sekali menular, baik dirumah, disekolahan maupun di tempat kerja. Untuk mencegah penyakit flue menular kepada diri Anda, sebenarnya hanya perlu meningkatkan sistem daya tahan tubuh (imunitas) supaya virus dan bakteri Read More »

Makan Telur Mentah, Perbaiki Suasana Hati

Makan Telur Mentah, Perbaiki Suasana Hati

Kesehatan – Telur mentah ternyata jika dikonsumsi mampu memberikan manfaat seperti coklat, yakni perbaiki suasana hati. Setelah sebelumnya diketahui bahwa mengonsumsi telur mentah menyehatkan jantung dan mencegah penyakit kanker, yang tidak kalah menarik adalah manfaatnya dalam memperbaiki suasana hati. Diwartakan dari Mag for Men bahwa makan kuning telur mentah dapat memperbaiki suasana hati. Hal ini Read More »

Manfaat dan Khasiat Daun Sirsak (Soursop) Untuk Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Daun Sirsak (Soursop) Untuk Kesehatan

Tak sedikit orang yang tidak mengetahui manfaat daun buah sirsak untuk kesehatan. Padahal, ekstrak daun sirsak ternyata memiliki banyak khasiat, terutama dalam membantu mengobati berbagai jenis penyakit. Buah sirsak merupakan buah yang sudah dikenal oleh masyarakat suku dari Amerika di sekitar kawasan sungai Amazon sejak ribuan tahun yang lalu, disamping buahnya lezat dikonsumsi ternyata dalam Read More »