TOP News
Home » Minuman » Manfaat dan Khasiat Daun Sirsak (Soursop) Untuk Kesehatan
teh daun sirsak

Manfaat dan Khasiat Daun Sirsak (Soursop) Untuk Kesehatan

Tak sedikit orang yang tidak mengetahui manfaat daun buah sirsak untuk kesehatan. Padahal, ekstrak daun sirsak ternyata memiliki banyak khasiat, terutama dalam membantu mengobati berbagai jenis penyakit.

Buah sirsak merupakan buah yang sudah dikenal oleh masyarakat suku dari Amerika di sekitar kawasan sungai Amazon sejak ribuan tahun yang lalu, disamping buahnya lezat dikonsumsi ternyata dalam daun buah sirsak juga memiliki banyak nutrisi dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh.

Seperti dalam sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa daun buah sirsak dapat digunakan sebagai bahan jamu tradisional (herbal) dalam membantu mengobati serangan kanker seperti halnya kanker paru-paru, kanker rahim, kanker pankreas dan lainnya.

Pada sebuah study yang dikerjakan oleh para ahli kesehatan di Purdue Universiti, Amerika menunjukkan bahwa manfaat daun sirsak tidak sebatas bermanfaat untuk menyembuhkan dan mencegah kanker sajan, akan tetapi juga efektif untuk menyembuhkan berbagai pernyakit kronis lainnya seperti diabetes, asam urat maupun asma.

Dari hasil pencarian data yang ada di Internet, diketahui bahwa untuk mendapatkan manfaat daun sirsak sebagai obat kanker, maka ambillah 10 lembar daun sirsak yang sudah tua serta pastikan masih dalam kondisi yang baik.

Kemudian cuci daun tersebut dengan air bersih, selanut rebus dengan 3 gelas air, dan biarkan mendidih hingga sampai hanya tersisa 1 gelas saja. Diamkan air rebusan daun sirsak sampai dingin dan minum 2 kali sehari, usahakan untuk rutin mengonsumsinya selama seminggu.

Jika mengonsumsi rebusan daun sirsak tersebut memberikan efek yang baik, maka dapat melanjutkan mengonsumsinya secara rutin.

Beberapa manfaat dan khasiat daun sirsak yang lain adalah untuk membantu menyembuhkan beberapa jenis gangguan kesehatan ambaien, bisulan, pernyakit liver, rematik, demam dan sakit pinggang.

(*berbagai sumber)

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE