TOP News
Home » Minuman » Hangatkan Badan dengan Wedang Tapai Hangat
Hangatkan Badan dengan Wedang Tapai Hangat

Hangatkan Badan dengan Wedang Tapai Hangat

Tapai / tape singkong yang biasa digunakan untuk membuat kue apem ini ternyata tidak hanya enak untuk hidangan Es Tapai / Es Tape saja. Namun, jika kita pandai mengolahnya tapai dapat menjadi hidangan yang dapat bermanfaat untuk tubuh seperti halnya resep wedang tapai yang dapat membantu menyetabilkan suhu tubuh.

Hidangan wedang tapai hangat ini dipercaya dapat menambah kehangatan tubuh diwaktu cuaca sedang dingin, disamping rasanya legit, hidangan ini juga memiliki rasa khas gurih dengan siraman kuah jahe susu yang hangat. Penasaran dengan rasanya? coba dengan menerapkan resep wedang tapai hangat berikut ini:

Bahan yang harus dipersiapkan:

  • 1 batang serai, memarkan
  • 1 lembar daun pandan, potong-potong
  • 1 sendok makan kacang tanah sangrai
  • 2 sendok makan gula pasir / secukupnya
  • 10 cm jahe biasa
  • 150 g gula merah
  • 150 g tapai singkong yang masak, potong-potong
  • 200 ml susu segar
  • 300 ml air

Cara Pembuatan:

  1. Panggang jahe di atas bara api sampai berwarna kecokelatan. Angkat, kupas kulitnya dan memarkan.
  2. Rebus jahe yang sudah dimemarkan tadi bersama gula, pandan dan serai di pada api kecil.
  3. Masak hingga mendidih dan airnya menyusut, selanjutnya tambahkan susu serta rebus kembali hingga mendidih.
  4. Angkat dan saring.
  5. Masukkan potongan tapai dalam mangkuk dan tuangi dengan kuah jahe panas.
  6. Untuk memberikan efek rasa gurih, taburi dengan kacang tanah.

Untuk 3 mangkuk dan hidangkan selagi masih panas/hangat.

Comments

Related Post

Paduan Ginseng dan Kopi, Bantu Jaga Kesehatan Tubuh

Paduan Ginseng dan Kopi, Bantu Jaga Kesehatan Tubuh

Minuman kopi adalah salah satu minuman yang dapat dikonsumsi dengan berbagai bahan minuman lain yang lebih menyehatkan seperti kacang almond dan gingseng. Tak sedikit orang yang percaya bahwa ginseng mampu mengembalikan kondisi kesehatan tubuh. Bahkan ada yang mencampurnya dengan kopi atau memakannya secara langsung. Namun tetapi jika Anda tak bisa memperoleh ginseng untuk paduan kopi, Read More »

Ini Dia 5 Minuman yang Menyehatkan dan Bermanfaat

Ini Dia 5 Minuman yang Menyehatkan dan Bermanfaat

(Minuman sehat dan bermanfaat) – Dalam kehidupan kita sehari-hari minuman / air minum merupakan kebutuhan primer dan mutlak bagi kelangsungan kehidupan. Air yang kita minum memiliki peran yang vital dalam tubuh kita, karena faktanya tubuh kita mengandung 60% cairan. Secara umum manfaat air minum bagi tubuh kita adalah sebagai pengganti ion tubuh, menjaga keseimbangan tubuh, Read More »

Air Kelapa Segar sebagai Penawar Racun Alami

Air Kelapa Segar sebagai Penawar Racun Alami

Air kelapa, tubuh seseorang sangatlah rentan terkena racun. Pada umumnya, racun memasuki tubuh bersama dengan makanan maupun minuman yang kita asup. Membiasakan mengonsumsi minuman yang memiliki manfaat kesehatan tubuh seperti halnya Air putih bersih dan Air Kelapa Segar. Disamping menyegarkan dan nikmat, air kelapa segar juga efektif untuk menghilangkan racun dalam tubuh. Zat yang terkandung Read More »

Kandungan dan Manfaat Teh Merah (Teh Rosella)

Kandungan dan Manfaat Teh Merah (Teh Rosella)

Rosella / teh merah (Hibiscus sabdariffa Linn.) atau yang dikenal dengan tanaman teh merah merupakan tanaman dari keluarga sejenis kembang sepatu. Kini terdapat lebih dari 100 varietas rosella yang sudah tersebar di seluruh dunia, dua varietas yang terkenal adalah altissima webster dan sabdariffa. Kabarnya tanaman ini berasal Timur Tengah dan Afrika. Tanaman perdu ini bisa Read More »