TOP News
Home » Makanan » Tips Merebus Telur Agar Tidak Pecah dan Matang Sempurna
Telur rebus lezat
Img: sidomi.com

Tips Merebus Telur Agar Tidak Pecah dan Matang Sempurna

Telur merupakan salah satu sumber protein yang baik untuk tubuh, terlebih ketika mengonsumsi telur rebus yang memungkinkan perut terasa kenyang lebih lama, tentu saja hal ini dapat membantu program diet untuk menurunkan berat badan. Namun ketika mengolahnya telur tersebut seringkali meletus / pecah ketika masih setengah masak. Pernahkah anda mengalaminya?

Pecahnya telur rebus ketika belum masak terkadang menjadi masalah tersendiri bagi seseorang, padahal telur yang sudah pecah ketika masih dalam proses memasaknya menjadi tidak nikmat ketika dikonsumsi. Disamping itu, isi telur tersebut bercampur dengan air yang memungkinkan mempengaruhi aroma dan juga hasil akhir olahan

Tak sedikit orang yang mengolah telur rebus langsung memasukkan telur kedalam air yang telah mendidih, padahal hal ini justru menjadi faktor utama pecahnya telur, sehingga sebagian putih telur maupun kuning telur terburai bercampur dengan air.

Untuk mengatasi hal ini dan mendapatkan hasil rebusan terbaik, pastikan telur dimasukkan kedalam air ketika masih dalam suhu normal. Jagalah api tetap sedang sehingga telur dapat matang sempurna. Namun jika terlanjur memasukkan telur kedalam air yang telah medidih terlebih dahulu, segera kecilkan api. Hal ini dilakukan agar suhu menurun secara perlahan sehingga meminimalisir rusaknya telur.

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE