TOP News
Home » Resep » Nikmatnya Es Pleret khas Blitar
Nikmatnya Es Pleret khas Blitar Es pleret Blitar

Nikmatnya Es Pleret khas Blitar

Es Pleret, Ketika dahaga menghampiri kita seperti disiang hari yang begitu panas, memang sangat nikmat jika mengonsumsi sesuatu yang dapat menyegarkan tubuh serta menghilangkan rasa haus, salah satunya adalah Es Pleret. Konon, nama ES Pleret sendiri merupakan nama yang diambil dari nama sesepuh Kyai Pleret.

Di kota Blitar, Es Pleret banyak digandrungi semua orang, baik anak-anak maupun orang dewasa. Es ini banyak di jumpai pada pedagang kaki lima yang biasa berada di alun-alun kota Blitar dan juga biasa dijual oleh pedagang keliling.

Harga Es inipun sangat terjangkau, cukup dengan mengeluarkan uang Rp.2.500,- saja sudah mendapatkan satu porsi Es Pleret.
Penasaran seperti apa rasa Es Pleret ini?, Simak cara membuat es pleret yang menyegarkan berikut ini:

Bahan Membuat Resep Pleret:

  • Tepung beras 175 gram
  • Garam 1/4 sdt
  • Air 175 ml, didihkan
  • Tepung kanji 1 1/2 sdm

Bahan Kuah Pleret:

  • Santan 250 ml dari 1/2 butir kelapa
  • Daun pandan 1 lembar
  • Garam secukupnya
  • Gula merah 100 gram
  • Gula pasir 25 gram

Cara membuat Pleret:

  1. Campur tepung beras dengan garam, tuangi air mendidih sambil diaduk rata. Uleni sambil taburkan tepung kanji di atasnya sedikit demi sedikit hingga adonan tidak lengket di tangan.
  2. Bentuk adonan bulat kelereng, tekan tiap bulatan dengan ibu jari hingga adonan pipih dan cekung di bagian tengahnya.
  3. Rebus adonan hingga matang dan mengapung, angkat
  4. Cara Membuat Kuah Pleret : Masak santan, daun pandan, garam, gula merah dan gula pasir hingga mendidih dan gula larut. Angkat.
  5. Sajikan pleret dengan kuahnya, tambahkan es batu bila suka.

Dapat di hidangkan untuk 3 porsi

Comments

Related Post

Resep Lezat Nasi Goreng Kencur

Resep Lezat Nasi Goreng Kencur

Kencur (rimpang) sejak dulu telah dikenal sebagai salah tanaman obat yang banyak memberikan manfaat terhadap kesehatan. Kencur juga sering masuk dalam daftar bumbu dapur seperti halnya nasi goreng, kencur yang memiliki kandungan penguat rasa dapat menimbulkan rasa yang khas. Disamping rasanya yang khas, kencur juga berkhasiat untuk membantu meringankan influenza, sakit kepala dan keselo. Hal Read More »

Resep Masakan Kalio Ayam dan Cara Pengolahannya

Resep Masakan Kalio Ayam dan Cara Pengolahannya

Kalio Ayam adalah makanan dari daerah Sumatera Barat yang sering kita jumpai dibeberapa restorant. Masakan Kalio Ayam mempunyai ciri khas ayam warna kuning yang menggoda. Berbagai resep masakan kalio ayam pun diciptakan oleh banyak kalangan, namun ciri khas dari masakan kalio ayam sendiri tidak akan berubah. Untuk menikmati hidangan kalio ayam ini dapat menggunakan resep Read More »

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Sup Ayam Jamur

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Sup Ayam Jamur

Nutrisi – Jamur di Cina memang terkenal akan manfaatnya, terlebih jika ditambah dengan bumbu-bumbu dan bahan tradisional sehingga tercipta resep sup ayam jamur yang menyehatkan. Diwartakan dari Naura Mag edisi November 2012 bahwa Di Cina pada umumnya mengonsumsi sup ayam jamur ini untuk meningkatkan kesehatan ketika sedang musim dingin dan kini para ahli telah menemukan Read More »

Nikmatnya Es Pleret khas Blitar

Nikmatnya Es Pleret khas Blitar

Es Pleret, Ketika dahaga menghampiri kita seperti disiang hari yang begitu panas, memang sangat nikmat jika mengonsumsi sesuatu yang dapat menyegarkan tubuh serta menghilangkan rasa haus, salah satunya adalah Es Pleret. Konon, nama ES Pleret sendiri merupakan nama yang diambil dari nama sesepuh Kyai Pleret. Di kota Blitar, Es Pleret banyak digandrungi semua orang, baik Read More »