TOP News
Home » Resep » Nikmatnya Es Pleret khas Blitar
Nikmatnya Es Pleret khas Blitar Es pleret Blitar

Nikmatnya Es Pleret khas Blitar

Es Pleret, Ketika dahaga menghampiri kita seperti disiang hari yang begitu panas, memang sangat nikmat jika mengonsumsi sesuatu yang dapat menyegarkan tubuh serta menghilangkan rasa haus, salah satunya adalah Es Pleret. Konon, nama ES Pleret sendiri merupakan nama yang diambil dari nama sesepuh Kyai Pleret.

Di kota Blitar, Es Pleret banyak digandrungi semua orang, baik anak-anak maupun orang dewasa. Es ini banyak di jumpai pada pedagang kaki lima yang biasa berada di alun-alun kota Blitar dan juga biasa dijual oleh pedagang keliling.

Harga Es inipun sangat terjangkau, cukup dengan mengeluarkan uang Rp.2.500,- saja sudah mendapatkan satu porsi Es Pleret.
Penasaran seperti apa rasa Es Pleret ini?, Simak cara membuat es pleret yang menyegarkan berikut ini:

Bahan Membuat Resep Pleret:

  • Tepung beras 175 gram
  • Garam 1/4 sdt
  • Air 175 ml, didihkan
  • Tepung kanji 1 1/2 sdm

Bahan Kuah Pleret:

  • Santan 250 ml dari 1/2 butir kelapa
  • Daun pandan 1 lembar
  • Garam secukupnya
  • Gula merah 100 gram
  • Gula pasir 25 gram

Cara membuat Pleret:

  1. Campur tepung beras dengan garam, tuangi air mendidih sambil diaduk rata. Uleni sambil taburkan tepung kanji di atasnya sedikit demi sedikit hingga adonan tidak lengket di tangan.
  2. Bentuk adonan bulat kelereng, tekan tiap bulatan dengan ibu jari hingga adonan pipih dan cekung di bagian tengahnya.
  3. Rebus adonan hingga matang dan mengapung, angkat
  4. Cara Membuat Kuah Pleret : Masak santan, daun pandan, garam, gula merah dan gula pasir hingga mendidih dan gula larut. Angkat.
  5. Sajikan pleret dengan kuahnya, tambahkan es batu bila suka.

Dapat di hidangkan untuk 3 porsi

Comments

Related Post

Resep Kue Akar Kelapa atau Kue Procot

Resep Kue Akar Kelapa atau Kue Procot

Resep Kue Akar Kelapa atau Kue Procot. Resep ini memang banyak dicari sebagai panduan membuat kue akar kelapa. Kue ini masih tergolong kue tradisional khas Betawi yang biasa dijajakan ketika hari raya Idul Fitri atau Lebaran. Sebagian masyarakat Bekasi menyebut kue ini dengan sebutan kue Procot. Dikatakan kue akar kelapa, karena bentuknya sangat mirip dengan Read More »

Resep Martabak Manis Coklat Keju

Resep Martabak Manis Coklat Keju

Jenis martabak yang sering di jumpai adalah jenis martabak Malabar, yaitu martabak telur yang memiliki model muslim India. Pada umumnya martabak diolah menggunakan telur bebek, penggunaan telur bebek sendiri dipercaya memberikan tampilan yang lebih mantap serta aroma yang khas, dengan diisi daging kambing cincang dibumbu kari serta ditambahkan rajangan daun bawang. Selain itu ada juga Read More »

Resep Masakan Kalio Ayam dan Cara Pengolahannya

Resep Masakan Kalio Ayam dan Cara Pengolahannya

Kalio Ayam adalah makanan dari daerah Sumatera Barat yang sering kita jumpai dibeberapa restorant. Masakan Kalio Ayam mempunyai ciri khas ayam warna kuning yang menggoda. Berbagai resep masakan kalio ayam pun diciptakan oleh banyak kalangan, namun ciri khas dari masakan kalio ayam sendiri tidak akan berubah. Untuk menikmati hidangan kalio ayam ini dapat menggunakan resep Read More »

Yuk, Intip Sedikit Manfaat Gingseng Terhadap Kesehatan

Yuk, Intip Sedikit Manfaat Gingseng Terhadap Kesehatan

Tanaman herbal gingseng merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang sudah dikenal sejak lama. Dalam gingseng terdapat banyak manfaat untuk kesehatan, hal ini terlihat dari banyaknya sistem pengobatan yang masih memerlukan bantuan herbal gingseng untuk membantu penyembuhan gangguan kesehatan. Tanaman gingseng banyak ditemui negara Koera dan sekaligus menjadi daerah penghasil serta pengguna gingseng terbesar didunia, Read More »