TOP News
Home » Makanan » Manfaat Buah Sirsak Terhadap Kesehatan
Manfaat Buah Sirsak Terhadap Kesehatan Buah sirsak (Soursop)

Manfaat Buah Sirsak Terhadap Kesehatan

Tanaman buah sirsak adalah tanaman yang berasal dari Amerika Tengah, Karibia dan Amerika Selatan. Tanaman ini masuk ke Indonesia pada abad ke-19 yang dibawa oleh pemerintah Kolonial Hindia Belanda.

Buah Sirsak memiliki beberana nama yang berbeda pada suatu negara, di negara Inggris buah sirsak disebut dengan Soursop dan negara Perancis menamai buah sirsak dengan Corossol atau Anone. Dalam bahasa jawa sendiri buah sirsak juga memiliki nama tersendiri yaitu ‘Nongkolondo‘, ‘Sirkoyo‘.

Buah sirsak memiliki berbagai macam nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh dan beberapa diantaranya adalah serat, vitamin c, karbohidrat dan masih banyak lagi beberapa kandungan untuk menunjang kesehatan yang lain.

Dalam buah sirsak juga terkandung senyawa fitokimia, dimana senyawa ini banyak dimanfaatkan oleh tubuh untuk meningkatkan kesehatan. Senyawa Fitokimia yang terdapat pada buah sirsak efektif mengobati antisembelit, batu empedu, asam urat dan dapat meningkatkan nafsu makan.

Tingginya kandungan serat (fiber) dalam buah sirsak juga memiliki manfaat untuk digunakan sebagai obat susah buang air besar (sembelit) dan dapat memperlancar pencernaan dalam parut. Dengan mengonsumsi 100 gram daging buah sirsak mampu memenuhi 13% kebutuhan serat tubuh dalam sehari.

Dalam sebuah studi/penelitian di Purdue University diketahui bahwa daun graviola (daun buah sirsak) dapat membunuh sel kanker secara efektif, terutama sel-sel kanker: paru-paru, pankreas dan kanker prostat.

Comments

Related Post

Seledri Merupakan Tanaman Obat serta Bahayanya

Seledri Merupakan Tanaman Obat serta Bahayanya

Seledri (Apium graveolens) adalah tumbuhan yang berasal dari daerah subtropis Eropa dan Asia. Tumbuhan ini termasuk sayuran daun dan tumbuhan obat yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan dan obat tradisional. Ciri-ciri tumbuhan Seledri ini adalah pohonnya kecil, tingginya kurang dari 1 meter. Daun tersusun majemuk dengan tangkai panjang. Batangnya biasanya sangat pendek, bersegi dan beralur Read More »

Makanan ini Bakar Lemak Perut Dengan Cepat

Makanan ini Bakar Lemak Perut Dengan Cepat

diwarta.com – Berolahraga dan diet disertai mengonsumsi makanan sehat sangat baik untuk membakar timbunan lemak perut. Alhasil perut Anda terlihat rata. Meskipun demikian hal tersebut memerlukan proses yang panjang serta waktu yang tak sebentar. Untuk mempercepat dan mempermudah membakar lemak di perut, tak ada ruginya Anda mencoba konsumsi makanan-makanan menyehatkan berikut ini: 1. Yoghurt Bakteri Read More »

Anggur sebagai Antioksidan sekaligus Antikanker Alami

Anggur sebagai Antioksidan sekaligus Antikanker Alami

(Anggur sebagai Antioksidan sekaligus Antikanker Alami) – Di Indonesia sendiri, anggur dikenal sekitar tahun 1682. Lalu pada tahun 1828-an tanaman buah anggur ini dimulai dibudidayakan dierah Banyuwangi dan Besuki. Pada tahun 1899 mulai anggur Probolinggo biru dan putih mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia, kemudian sekitar tahun 2002 berkembang menjadi buah anggur varietas Probolinggo Super dan Read More »

Kentang Bantu Sembuhkan Maag

Kentang Bantu Sembuhkan Maag

Maag atau tukak lambung merupakan gejala penyakit yang menyerang Lambung. Hal ini terjadi dikarenakan lambung mengalami luka maupun peradangan yang memungkinkan penderita akan merasakan sakit dan perih pada perut. Tak jarang orang dengan sakit maag sering menyalahkan asupan makanan sebagai pemicunya. Padahal, jika dapat membatasi asupan makanan yang mengiritasi lambung, serangan maag tak kan pernah Read More »