TOP News
Home » Makanan » Manfaat Buah Sirsak Terhadap Kesehatan
Manfaat Buah Sirsak Terhadap Kesehatan Buah sirsak (Soursop)

Manfaat Buah Sirsak Terhadap Kesehatan

Tanaman buah sirsak adalah tanaman yang berasal dari Amerika Tengah, Karibia dan Amerika Selatan. Tanaman ini masuk ke Indonesia pada abad ke-19 yang dibawa oleh pemerintah Kolonial Hindia Belanda.

Buah Sirsak memiliki beberana nama yang berbeda pada suatu negara, di negara Inggris buah sirsak disebut dengan Soursop dan negara Perancis menamai buah sirsak dengan Corossol atau Anone. Dalam bahasa jawa sendiri buah sirsak juga memiliki nama tersendiri yaitu ‘Nongkolondo‘, ‘Sirkoyo‘.

Buah sirsak memiliki berbagai macam nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh dan beberapa diantaranya adalah serat, vitamin c, karbohidrat dan masih banyak lagi beberapa kandungan untuk menunjang kesehatan yang lain.

Dalam buah sirsak juga terkandung senyawa fitokimia, dimana senyawa ini banyak dimanfaatkan oleh tubuh untuk meningkatkan kesehatan. Senyawa Fitokimia yang terdapat pada buah sirsak efektif mengobati antisembelit, batu empedu, asam urat dan dapat meningkatkan nafsu makan.

Tingginya kandungan serat (fiber) dalam buah sirsak juga memiliki manfaat untuk digunakan sebagai obat susah buang air besar (sembelit) dan dapat memperlancar pencernaan dalam parut. Dengan mengonsumsi 100 gram daging buah sirsak mampu memenuhi 13% kebutuhan serat tubuh dalam sehari.

Dalam sebuah studi/penelitian di Purdue University diketahui bahwa daun graviola (daun buah sirsak) dapat membunuh sel kanker secara efektif, terutama sel-sel kanker: paru-paru, pankreas dan kanker prostat.

Comments

Related Post

Manfaat Buah Belimbing Manis serta Bahaya Belimbing Manis

Manfaat Buah Belimbing Manis serta Bahaya Belimbing Manis

Buah belimbing manis (Averrhoa Carambola L.) atau dalam bahasa Inggris disebut starfruit (bila dipotong memiliki penampang yang berbentuk bintang) merupakan tumbuhan yang berasal dari daerah tropis. Beberapa ahli biologi mengatakan bahwa Belimbing Manis merupakan tumbuhan asli Indonesia dan Malaysia. Ciri buah Belimbing Manis berwarna kuning kehijauan ketika masih muda dan berwarna kuning kemerahan kalau sudah Read More »

Mengetahui Jenis Daun untuk Masakan

Mengetahui Jenis Daun untuk Masakan

Selain digunakan untuk bumbu masakan, beberapa jenis daun juga sering digunakan untuk penambah aroma pada suatu masakan. Dedaunan ini pun tidak hanya satu jenis saja, melainkan bermacam-macam jenisnya yang dapat digunakan pada aneka masakan. Seperti halnya masakan Manado yang menggunakan daun jintan segar untuk mengolah masakan yang terbuat dari bahan ikan. Daun jintan memiliki manfaat Read More »

Manfaat Nutrisi Jelly Terhadap Kesehatan Tubuh

Manfaat Nutrisi Jelly Terhadap Kesehatan Tubuh

Jelly merupakan kudapan yang dapat dijadikan sebagai makanan penutup setelah makan besar, meski manis, namun jelly mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Seperti yang diwartakan Mag for Women, berikut ini merupakan beberapa manfaat jelly untuk kesehatan tubuh. Membantu mengurangi kolesterol jahat. Semua orang tahu jika tingkat kolesterol jahat dalam tubuh bertambah, maka kita bisa menderita Read More »

Usir Racun Dalam Tubuh dengan Kentang

Usir Racun Dalam Tubuh dengan Kentang

Manfaat kentang tidak hanya sebatas menjadi obat sakit maag saja, namun juga mampu menjadi penawar rajun dalam tubuh. Kentang adalah salah satu bahan makanan yang efektif untuk meluruhkan racun dalam tubuh yang disebabkan oleh bahan-bahan kimia. Hal tersebut dikarenakan kentang mengandung berbagai vitamin dan mineral termasuk karotenoid dan polifenol. Seperti yang diulas oleh laman republika, Read More »