TOP News
Home » Makanan » 3 Makanan Yang Mengandung Lemak Baik
3 Makanan Yang Mengandung Lemak Baik Buah alpukat segar

3 Makanan Yang Mengandung Lemak Baik

Lemak baik merupakan lemak tertentu yang dapat memberikan efek positif terhadap kesehatan tubuh, oleh karenanya jangan buru-buru untuk tidak mau mengonsumsi makanan yang mengandung lemak karena takut gemuk.

Jika anda merupakan seseorang yang takut gemuk, sebaiknya fokuskan untuk mengonsumsi makanan dengan monounsaturated (lemak tak jenuh tunggal) atau dikenal sebagai asam lemak omega 9.

Asam lemak omega 9 dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, hal tersebut disebabkan karena lemak omega 9 dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah. Disamping itu, lemak omega 9 juga kaya akan vitamin E yang baik untuk menjaga sistem sirkulasi sehat dan berikut ketiga makanan yang mengandung lemak omega 9 tersebut:
1. Minyak zaitun
Minyak zaitun dikenal sebagai minyak yang kaya akan lemak tak jenuh tunggal. Menjadikan minyak zaitun tambahan bumbu masak maupun ketika mengonsumsi salad dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Kurang lebih 80 persen kandungan dari minyak ini adalah lemak tak jenuh tunggal, khususnya asam lemak omega 9 atau asam oleat. Cukup dengan sepertiga sendok teh dapat mengasup tubuh 3,3 gram lemak tak jenuh tunggal serta polifenol dan vitamin E.

2. Buah Alpukat
Buah alpukat dikemas dengan lemak yang menyehatkan, lemak yang terkandung dalam buah alpukat bisa membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Walaupun alpukat tinggi kalori, namun dapat memberikan manfaat baik terhadap kesehatan.

Satu buah alpukat mengandung 30 gram lemak tak jenuh dan 16 gram lemak tak jenuh tunggal. Hal ini berarti, hanya dengan seperempat buah alpukat dapat mencukupi asupan likopen, beta karoten serta penyerapan antioksidan lain secara optimal.

3. Kacang-kacangan
Meskipun sering dikatakan sebagai penyebab munculnya jerawat dan minyak pada wajah, kacang ternyata banyak mengandung lemak tak jenuh tunggal. Seperti halnya Kacang Almond dan kacang kenari dianjurkan para ahli untuk dikonsumsi, hal ini dikarenakan kacang-kacangan tersebut membantu kesehatan jantung.

Dalam porsi 200 kalori, kacang hazelnut dan filbert mampu memberikan 15 gram lemak tak jenuh tunggal. Sementara itu kacang pecan, mete serta almond dapat memenuhi kebutuhan akan nutrisi tubuh 11 gram lemak tak jenuh tunggal hanya dalam satu porsi 200 kalori.

Comments

Related Post

Tips Melelehkan Coklat Dengan Mudah

Tips Melelehkan Coklat Dengan Mudah

Suka dengan coklat? Pada umumnya seseorang membuat makanan coklat dengan bahan coklat cair, tak jarang mereka mendapatkan hasil pelelehan tidak bagus termasuk pahit dan kasar yang disebabkan karena mereka tidak mengetahui cara pelelehan coklat dengan. Jika biasanya orang-orang melelehkan coklat dengan suhu tinggi dengan tujuan cepat meleleh merupakan kesalahan yang fatal, dimana hasil akhirnya nanti Read More »

You Tube Rilis Saluran Makanan

You Tube Rilis Saluran Makanan

Keinginan Youtube tentang adanya saluran makanan di situsnya nampaknya akan segera terwujud. Pasalnya, baru-baru ini Youtube sudah mengumumkan akan adanya saluran khusus untuk makanan dan acara masak-memasak, dimana kedepannya nanti akan dihadiri oleh banyak bintang seperti Cheff Duff Goldman serta Chef Amerika Chris Cosentino. Seperti yang diulas oleh laman Nydailynews (Senin 28 Mei 2012) bahwa Read More »

Ini Dia Pilihan Makanan Tepat Untuk Diabetes

Ini Dia Pilihan Makanan Tepat Untuk Diabetes

Kesehatan – Penderita diabetes sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi hebat dan tepat tapi rendah indeks glikemiks. Berikut beberapa makanan yang disarankan untuk penderita Diabetes menurut Mag AURA Edisi Noveber 2012. Berry ubi jalar dan juga tomat. Ubi jalar yang rendah karbohidrat namun memiliki kandungan vitamin yang cukup bisa diandalakan bisa menjadi pilihan Read More »

Kentang Bantu Sembuhkan Maag

Kentang Bantu Sembuhkan Maag

Maag atau tukak lambung merupakan gejala penyakit yang menyerang Lambung. Hal ini terjadi dikarenakan lambung mengalami luka maupun peradangan yang memungkinkan penderita akan merasakan sakit dan perih pada perut. Tak jarang orang dengan sakit maag sering menyalahkan asupan makanan sebagai pemicunya. Padahal, jika dapat membatasi asupan makanan yang mengiritasi lambung, serangan maag tak kan pernah Read More »