TOP News
Home » Makanan » Anggur sebagai Antioksidan sekaligus Antikanker Alami
Anggur sebagai Antioksidan sekaligus Antikanker Alami Buah anggur segar manis

Anggur sebagai Antioksidan sekaligus Antikanker Alami

(Anggur sebagai Antioksidan sekaligus Antikanker Alami) – Di Indonesia sendiri, anggur dikenal sekitar tahun 1682. Lalu pada tahun 1828-an tanaman buah anggur ini dimulai dibudidayakan dierah Banyuwangi dan Besuki. Pada tahun 1899 mulai anggur Probolinggo biru dan putih mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia, kemudian sekitar tahun 2002 berkembang menjadi buah anggur varietas Probolinggo Super dan Prabu Bestari.

Anggur merah varietas Prabu Bestari dapat ditanam hingga ketinggian 300 mdpl dan dapat menghasilkan 10-30 Kg buah/pohon. Kelebihan lainnya adalah anggur varietas jenis Prabu Bestari ini mengandung resveratrol (1,5-3 mg/liter), gula (20 brix), asam (1,9%), vitamin C (23,23 mg/100 g), kadar juice (47,77%).

Anggur (Vitis vinifera) bisa langsung konsumsi mentah atau dibuat cuka, suplemen/ekstrak, jelly, jus, kismis, minyak, selai, wine (semacam minuman fermentasi hasil dari perasan anggur), juga dipakai sebagai bahan baku di confectionery (perusahaan/toko pembuat gula-gula).

Comments

Related Post

Manfaat Buah Sirsak Terhadap Kesehatan

Manfaat Buah Sirsak Terhadap Kesehatan

Tanaman buah sirsak adalah tanaman yang berasal dari Amerika Tengah, Karibia dan Amerika Selatan. Tanaman ini masuk ke Indonesia pada abad ke-19 yang dibawa oleh pemerintah Kolonial Hindia Belanda. Buah Sirsak memiliki beberana nama yang berbeda pada suatu negara, di negara Inggris buah sirsak disebut dengan Soursop dan negara Perancis menamai buah sirsak dengan Corossol Read More »

Tips Menyajikan Mie Supaya Lebih Kaya Nutrisi dan Gizi

Tips Menyajikan Mie Supaya Lebih Kaya Nutrisi dan Gizi

Mie merupakan salah satu jenis makanan yang populer di Indonesia, bahkan di dunia. Saat ini merk mie, khususnya mie instan banyak kita temui dengan beragam jenis dan rasanya. Beberapa kalangan menganggap dan berpendapat terlalu sering mengkonsumsi mie mempunyai efek kurang baik bagi kesehatan, hal ini karena mie tidak ubahnya dengan makanan sumber karbohidrat lain seperti Read More »

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Sup Ayam Jamur

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Sup Ayam Jamur

Nutrisi – Jamur di Cina memang terkenal akan manfaatnya, terlebih jika ditambah dengan bumbu-bumbu dan bahan tradisional sehingga tercipta resep sup ayam jamur yang menyehatkan. Diwartakan dari Naura Mag edisi November 2012 bahwa Di Cina pada umumnya mengonsumsi sup ayam jamur ini untuk meningkatkan kesehatan ketika sedang musim dingin dan kini para ahli telah menemukan Read More »

Mengetahui Jenis Daun untuk Masakan

Mengetahui Jenis Daun untuk Masakan

Selain digunakan untuk bumbu masakan, beberapa jenis daun juga sering digunakan untuk penambah aroma pada suatu masakan. Dedaunan ini pun tidak hanya satu jenis saja, melainkan bermacam-macam jenisnya yang dapat digunakan pada aneka masakan. Seperti halnya masakan Manado yang menggunakan daun jintan segar untuk mengolah masakan yang terbuat dari bahan ikan. Daun jintan memiliki manfaat Read More »