TOP News
Home » Makanan » Usir Racun Dalam Tubuh dengan Kentang
Usir Racun Dalam Tubuh dengan Kentang Sayuran kentang

Usir Racun Dalam Tubuh dengan Kentang

Manfaat kentang tidak hanya sebatas menjadi obat sakit maag saja, namun juga mampu menjadi penawar rajun dalam tubuh.

Kentang adalah salah satu bahan makanan yang efektif untuk meluruhkan racun dalam tubuh yang disebabkan oleh bahan-bahan kimia. Hal tersebut dikarenakan kentang mengandung berbagai vitamin dan mineral termasuk karotenoid dan polifenol.

Seperti yang diulas oleh laman republika, Laila Nurhayati Koordinator penelitian mengungkapkan bahwa dalam 150 gram kentang mengandung nutrisi 27 miligram vitamin C atau 45 persen dari nilai harian, 620 miligram potasium (18 persen), 0,2 miligram vitamin B6 (10 persen) dan melacak jumlah thiamin, riboflavin, folat, niacin, magnesium, fosfor, besi, dan seng.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Mahasiswa Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta di Yogyakarta menunjukkan dalam kentang terkandung mineral natrium dengan kadar alkalin yang cukup tinggi serta mampu berfungsi untuk meningkatkan pH yang terlalu asam di dalam tubuh.

Kentang mengandung antosianin, asam klorogenat, asam askorbat yang merupakan senyawa antioksidan, senyawa ini berfungsi untuk meluruhkan kandungan racun dalam tubuh. Antosianin merupakan senyawa organik yang memberikan pigmen pada tumbuhan.

Tidak hanya itu, kentang dipercaya juga baik untuk mengobati penyakit jantung dan pengobatan catarrhal (penyakit hidung tenggorokan yang memungkinkan hidung selalu beringus). Banyaknya kandungan protease inhibitor efektif untuk menetralkan virus-virus tertentu dan menghambat serangan kanker.

Comments

Related Post

Anggur sebagai Antioksidan sekaligus Antikanker Alami

Anggur sebagai Antioksidan sekaligus Antikanker Alami

(Anggur sebagai Antioksidan sekaligus Antikanker Alami) – Di Indonesia sendiri, anggur dikenal sekitar tahun 1682. Lalu pada tahun 1828-an tanaman buah anggur ini dimulai dibudidayakan dierah Banyuwangi dan Besuki. Pada tahun 1899 mulai anggur Probolinggo biru dan putih mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia, kemudian sekitar tahun 2002 berkembang menjadi buah anggur varietas Probolinggo Super dan Read More »

Yogurt dan Brokoli Mampu Cegah Osteoporosis

Yogurt dan Brokoli Mampu Cegah Osteoporosis

Ketika usia menginjak dewasa, pada umumnya pria dan wanita rentan mengalami osteoporosis atau yang dikenal dengan proses pengeroposan dan berkurangnya massa tulang. Hal ini disebabkan karena terjadinya penurunan kemampuan tubuh untuk menyerap asupan kalsium. Untuk mengatasi masalah ini dapat dikatakan cukup mudah, yakni cukup dengan mengonsumsi yogurt dan brokoli yang dipercaya efektif untuk membantu mempercepat Read More »

Jintan Hitam, Rempah-rempah Berkhasiat

Jintan Hitam, Rempah-rempah Berkhasiat

Jintan hitam adalah rempah-rempah yang berasal dari wilayah Eropa Selatan, Asia Selatan dan Afrika Utara. Khasiat atau manfaat jintan hitam ini sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu serta telah digunakan secara turun-temurun oleh masyarakat untuk mengubati berbagai jenis penyakit. Rempah-rempah yang satu ini dipercaya banyak mengandung nutrisi, asam lemak dan minyak esensial. Jintan hitam Read More »

4 Cara Teknik Memanggang

4 Cara Teknik Memanggang

Memanggang hidangan merupakan salah satu teknik untuk memasak, biasanya pemanggangan dilakukan untuk memasak daging. Disamping memanggang menggunakan arang juga dapat dilakukan menggunakan gas, yang terpenting adalah mengatur temperatur suhunya supaya makanan tersebut matang dengan sempurna. Seperti dilansi laman Ehow seperti berikut “Suhu yang pas dalam memanggang memungkinkan hidangan matang menyeluruh. Namun ternyata, masing-masing alat pemanggang Read More »