TOP News
Home » Makanan » Usir Racun Dalam Tubuh dengan Kentang
Sayuran kentang

Usir Racun Dalam Tubuh dengan Kentang

Manfaat kentang tidak hanya sebatas menjadi obat sakit maag saja, namun juga mampu menjadi penawar rajun dalam tubuh.

Kentang adalah salah satu bahan makanan yang efektif untuk meluruhkan racun dalam tubuh yang disebabkan oleh bahan-bahan kimia. Hal tersebut dikarenakan kentang mengandung berbagai vitamin dan mineral termasuk karotenoid dan polifenol.

Seperti yang diulas oleh laman republika, Laila Nurhayati Koordinator penelitian mengungkapkan bahwa dalam 150 gram kentang mengandung nutrisi 27 miligram vitamin C atau 45 persen dari nilai harian, 620 miligram potasium (18 persen), 0,2 miligram vitamin B6 (10 persen) dan melacak jumlah thiamin, riboflavin, folat, niacin, magnesium, fosfor, besi, dan seng.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Mahasiswa Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta di Yogyakarta menunjukkan dalam kentang terkandung mineral natrium dengan kadar alkalin yang cukup tinggi serta mampu berfungsi untuk meningkatkan pH yang terlalu asam di dalam tubuh.

Kentang mengandung antosianin, asam klorogenat, asam askorbat yang merupakan senyawa antioksidan, senyawa ini berfungsi untuk meluruhkan kandungan racun dalam tubuh. Antosianin merupakan senyawa organik yang memberikan pigmen pada tumbuhan.

Tidak hanya itu, kentang dipercaya juga baik untuk mengobati penyakit jantung dan pengobatan catarrhal (penyakit hidung tenggorokan yang memungkinkan hidung selalu beringus). Banyaknya kandungan protease inhibitor efektif untuk menetralkan virus-virus tertentu dan menghambat serangan kanker.

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE