TOP News
Home » Makanan » Sejarah Buah Anggur di Indonesia
Sejarah Buah Anggur di Indonesia Buah anggur segar manis

Sejarah Buah Anggur di Indonesia

Buah anggur yang memiliki banyak khasiat diantaranya sebagai Antioksidan sekaligus Antikanker Alami ini ternyata sudah dikenal oleh masyarakat dunia sejak berabad-abad tahun yang lalu. Buah anggur sudah dikenal di Timur Tengah sejak sekitar tahun 4000 SM.

Baru sekitar tahun 2500 SM-an, warga Mesir mengembangkan teknologi untuk mengolah buah anggur. Sekarang anggur telah menyebar di seluruh penjuru dunia dan merupakan salahs atu komoditas yang memiliki nilau jual tinggi. Hampir sekitar 75.866 kilometer persegi area di dunia ditanami buah anggur.

Menurut Food and Agriculture Organization (FAO, 2009), sepuluh negara penghasil buah anggur terbesar di dunia dimiliki negara: Italia, RRC, USA, Prancis, Spanyol, Turki, Iran, Argentina, Chile dan India. Adapun pusat buah anggur Indonesia terdapat di Probolinggo, Pasuruan, Situbondo, (Jawa Timur), Bali, dan Kupang (NTT).

Di Indonesia sendiri, anggur dikenal sekitar tahun 1682. Lalu pada tahun 1828-an tanaman buah anggur ini dimulai dibudidayakan dierah Banyuwangi dan Besuki. Pada tahun 1899 mulai anggur Probolinggo biru dan putih mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia, kemudian sekitar tahun 2002 berkembang menjadi buah anggur varietas Probolinggo Super dan Prabu Bestari.

Sekarang ini buah anggur banyak yang menjadikannya sebagai makanan favorit dan menjadi salah satu jenis buah yang tergolong sangat mahal. Namun demikian buah anggur ini memiliki banyak manfaat dan khasiat terhadap kesehatan. Pernahkah anda mengkonsumsi buah anggur? dan bagaimana rasanya?

Comments

Related Post

Ini Dia Pilihan Makanan Tepat Untuk Diabetes

Ini Dia Pilihan Makanan Tepat Untuk Diabetes

Kesehatan – Penderita diabetes sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi hebat dan tepat tapi rendah indeks glikemiks. Berikut beberapa makanan yang disarankan untuk penderita Diabetes menurut Mag AURA Edisi Noveber 2012. Berry ubi jalar dan juga tomat. Ubi jalar yang rendah karbohidrat namun memiliki kandungan vitamin yang cukup bisa diandalakan bisa menjadi pilihan Read More »

4 Cara Teknik Memanggang

4 Cara Teknik Memanggang

Memanggang hidangan merupakan salah satu teknik untuk memasak, biasanya pemanggangan dilakukan untuk memasak daging. Disamping memanggang menggunakan arang juga dapat dilakukan menggunakan gas, yang terpenting adalah mengatur temperatur suhunya supaya makanan tersebut matang dengan sempurna. Seperti dilansi laman Ehow seperti berikut “Suhu yang pas dalam memanggang memungkinkan hidangan matang menyeluruh. Namun ternyata, masing-masing alat pemanggang Read More »

Jintan Hitam, Rempah-rempah Berkhasiat

Jintan Hitam, Rempah-rempah Berkhasiat

Jintan hitam adalah rempah-rempah yang berasal dari wilayah Eropa Selatan, Asia Selatan dan Afrika Utara. Khasiat atau manfaat jintan hitam ini sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu serta telah digunakan secara turun-temurun oleh masyarakat untuk mengubati berbagai jenis penyakit. Rempah-rempah yang satu ini dipercaya banyak mengandung nutrisi, asam lemak dan minyak esensial. Jintan hitam Read More »

Tips Berdagang Makanan / Kuliner dengan Menu Yang Sama

Tips Berdagang Makanan / Kuliner dengan Menu Yang Sama

Jaman sekarang banyak sekali peluang usaha di bidang kuliner. Banyak juga menu yang ditawarkan, sampai-sampai setiap satu meter berdagang dengan menu yang sama. Tapi itu tidak menjadi permasalahan yang berarti. Lalu, bagaimana cara menyiasati agar kita tampil beda di mata konsumen meski dengan menu yang sama, simak tips-tips berdagang kuliner berikut ini: Kita harus sadar Read More »