TOP News
Home » Makanan » Sejarah Buah Anggur di Indonesia
Sejarah Buah Anggur di Indonesia Buah anggur segar manis

Sejarah Buah Anggur di Indonesia

Buah anggur yang memiliki banyak khasiat diantaranya sebagai Antioksidan sekaligus Antikanker Alami ini ternyata sudah dikenal oleh masyarakat dunia sejak berabad-abad tahun yang lalu. Buah anggur sudah dikenal di Timur Tengah sejak sekitar tahun 4000 SM.

Baru sekitar tahun 2500 SM-an, warga Mesir mengembangkan teknologi untuk mengolah buah anggur. Sekarang anggur telah menyebar di seluruh penjuru dunia dan merupakan salahs atu komoditas yang memiliki nilau jual tinggi. Hampir sekitar 75.866 kilometer persegi area di dunia ditanami buah anggur.

Menurut Food and Agriculture Organization (FAO, 2009), sepuluh negara penghasil buah anggur terbesar di dunia dimiliki negara: Italia, RRC, USA, Prancis, Spanyol, Turki, Iran, Argentina, Chile dan India. Adapun pusat buah anggur Indonesia terdapat di Probolinggo, Pasuruan, Situbondo, (Jawa Timur), Bali, dan Kupang (NTT).

Di Indonesia sendiri, anggur dikenal sekitar tahun 1682. Lalu pada tahun 1828-an tanaman buah anggur ini dimulai dibudidayakan dierah Banyuwangi dan Besuki. Pada tahun 1899 mulai anggur Probolinggo biru dan putih mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia, kemudian sekitar tahun 2002 berkembang menjadi buah anggur varietas Probolinggo Super dan Prabu Bestari.

Sekarang ini buah anggur banyak yang menjadikannya sebagai makanan favorit dan menjadi salah satu jenis buah yang tergolong sangat mahal. Namun demikian buah anggur ini memiliki banyak manfaat dan khasiat terhadap kesehatan. Pernahkah anda mengkonsumsi buah anggur? dan bagaimana rasanya?

Comments

Related Post

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Sup Ayam Jamur

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Sup Ayam Jamur

Nutrisi – Jamur di Cina memang terkenal akan manfaatnya, terlebih jika ditambah dengan bumbu-bumbu dan bahan tradisional sehingga tercipta resep sup ayam jamur yang menyehatkan. Diwartakan dari Naura Mag edisi November 2012 bahwa Di Cina pada umumnya mengonsumsi sup ayam jamur ini untuk meningkatkan kesehatan ketika sedang musim dingin dan kini para ahli telah menemukan Read More »

Tips Merebus Telur Agar Tidak Pecah dan Matang Sempurna

Tips Merebus Telur Agar Tidak Pecah dan Matang Sempurna

Telur merupakan salah satu sumber protein yang baik untuk tubuh, terlebih ketika mengonsumsi telur rebus yang memungkinkan perut terasa kenyang lebih lama, tentu saja hal ini dapat membantu program diet untuk menurunkan berat badan. Namun ketika mengolahnya telur tersebut seringkali meletus / pecah ketika masih setengah masak. Pernahkah anda mengalaminya? Pecahnya telur rebus ketika belum Read More »

Makanan Rendah Kalori Berikut Ini Dianggap Dapat Merusak Diet

Makanan Rendah Kalori Berikut Ini Dianggap Dapat Merusak Diet

Kita sering menjumpai orang langsung mengonsumsi makanan dalam jumlah porsi besar ketika mengetahui lemak dan kalori dalam makanan tersebut sangat rendah. Namun ternyata makanan tersebut dipercaya malah dapat menyumbang kalori berlebihan untuk tubuh. Seperti yang diwartakan oleh laman Ivillage pada hari, Selasa (7/2/2012) bahwa 8 makanan berikut ini dapat merusak diet meskipun memiliki kadar lemak Read More »

Mengetahui Jenis Daun untuk Masakan

Mengetahui Jenis Daun untuk Masakan

Selain digunakan untuk bumbu masakan, beberapa jenis daun juga sering digunakan untuk penambah aroma pada suatu masakan. Dedaunan ini pun tidak hanya satu jenis saja, melainkan bermacam-macam jenisnya yang dapat digunakan pada aneka masakan. Seperti halnya masakan Manado yang menggunakan daun jintan segar untuk mengolah masakan yang terbuat dari bahan ikan. Daun jintan memiliki manfaat Read More »