TOP News
Home » Makanan » Manfaat Buah Belimbing Manis serta Bahaya Belimbing Manis
Manfaat Buah Belimbing Manis serta Bahaya Belimbing Manis Buah belimbing manis

Manfaat Buah Belimbing Manis serta Bahaya Belimbing Manis

Buah belimbing manis (Averrhoa Carambola L.) atau dalam bahasa Inggris disebut starfruit (bila dipotong memiliki penampang yang berbentuk bintang) merupakan tumbuhan yang berasal dari daerah tropis. Beberapa ahli biologi mengatakan bahwa Belimbing Manis merupakan tumbuhan asli Indonesia dan Malaysia.

Ciri buah Belimbing Manis berwarna kuning kehijauan ketika masih muda dan berwarna kuning kemerahan kalau sudah tua, berbiji kecil berwarna coklat, rasanya manis dengan sedikit asam dan banyak mengandung air.

Manfaat Belimbing Manis terhadap Kesehatan
Dengan cara dimakan biasa atau dijadikan juice, Belimbing Manis memiliki banyak manfaat sebagai obat tradisional atau obat alternatif. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah Belimbing Manis bermanfaat sebagai antioksidan yang berfungsi untuk memerangi radikal bebas dan mencegah penyebaran sel-sel kanker, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mencegah sariawan.

Pektin yang terdapat dalam buah Belimbing Manis mampu mengikat kolesterol dan asam empedu dalam usus, kemudian membantu pengeluarannya sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan melancarkan pencernaan. Sedangkan kandungan Kalium yang tinggi dan Natrium yang rendah sangat memungkinkan Belimbing Manis dijadikan sebagai obat anti hipertensi.

Selain buahnya yang memiliki banyak khasiat, pada bunga, daun, dan akarnya diyakini memiliki khasiat untuk obat anti malaria, maag, bisul, rematik dan lain-lain. Namun hingga saat ini penulis belum menemukan literature terpercaya yang bisa dijadikan acuan.

Bahaya Belimbing Manis terhadap Kesehatan
Selain memiliki banyak manfaat, pada beberapa kasus buah Belimbing Manis ternyata juga sangat berbahaya untuk dikonsumsi. Karena kadar gula yang tinggi, buah ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Juga pada penderita penyakit ginjal, mengkonsumsi buah ini akan memperparah penyakitnya karena kandungan Asam Oxalat yang tinggi yang terdapat dalam buah ini.

Selain itu, Belimbing Manis mengandung racun yang mempengaruhi otak dan syaraf dimana pada penderita penyakit ginjal, racun tersebut tidak dapat disaring dan dibuang sehingga akan memperparah keadaan ginjalnya.

Comments

Related Post

Pengertian Bakso dan Cara Membuat Bakso

Pengertian Bakso dan Cara Membuat Bakso

Bakso adalah suatu makanan berbentuk bola-bola yang terbuat dari tepung dan daging. Untuk menambah selera dan rasa, biasanya makanan ini disajikan dengan tambahan kuah dan mie. Untuk membuat makanan bakso ini maka bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain adalah: 1 kg daging sapi 1 sdt baking soda 1/4 kg tepung sagu 3 butir telur Es batu Read More »

Buah Cherry, Lancarkan Aliran Darah dalam Tubuh

Buah Cherry, Lancarkan Aliran Darah dalam Tubuh

Nutrisi – Buah cherry manis ternyata tidak hanya lezat dimulut saja, namun buah yang satu ini juga berkhasiat untuk kesehatan seperti halnya mampu melancarkan aliran darah dalam tubuh. Dalam sebuah studi terbaru diketahui bahwa mengkonsumsi 45 buah cherry manis setiap hari efektif untuk membantu melancarkan aliran darah serta mengurangi resiko terserang berbagai penyakit. Diwartakan dari Read More »

Seledri Merupakan Tanaman Obat serta Bahayanya

Seledri Merupakan Tanaman Obat serta Bahayanya

Seledri (Apium graveolens) adalah tumbuhan yang berasal dari daerah subtropis Eropa dan Asia. Tumbuhan ini termasuk sayuran daun dan tumbuhan obat yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan dan obat tradisional. Ciri-ciri tumbuhan Seledri ini adalah pohonnya kecil, tingginya kurang dari 1 meter. Daun tersusun majemuk dengan tangkai panjang. Batangnya biasanya sangat pendek, bersegi dan beralur Read More »

Yogurt dan Brokoli Mampu Cegah Osteoporosis

Yogurt dan Brokoli Mampu Cegah Osteoporosis

Ketika usia menginjak dewasa, pada umumnya pria dan wanita rentan mengalami osteoporosis atau yang dikenal dengan proses pengeroposan dan berkurangnya massa tulang. Hal ini disebabkan karena terjadinya penurunan kemampuan tubuh untuk menyerap asupan kalsium. Untuk mengatasi masalah ini dapat dikatakan cukup mudah, yakni cukup dengan mengonsumsi yogurt dan brokoli yang dipercaya efektif untuk membantu mempercepat Read More »