TOP News
Home » Makanan » Seledri Merupakan Tanaman Obat serta Bahayanya
Seledri Merupakan Tanaman Obat serta Bahayanya Daun masakan

Seledri Merupakan Tanaman Obat serta Bahayanya

Seledri (Apium graveolens) adalah tumbuhan yang berasal dari daerah subtropis Eropa dan Asia. Tumbuhan ini termasuk sayuran daun dan tumbuhan obat yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan dan obat tradisional.

Ciri-ciri tumbuhan Seledri ini adalah pohonnya kecil, tingginya kurang dari 1 meter. Daun tersusun majemuk dengan tangkai panjang. Batangnya biasanya sangat pendek, bersegi dan beralur membujur. Bunganya tersusun majemuk berkarang, berukuran kecil, dan berwarna putih kehijauan.

Buahnya kecil-kecil berwarna coklat gelap. Tumbuhan ini dapat tumbuh di dataran rendah atau dataran tinggi, dan berkembang dengan baik di tempat yang lembab dan subur. Di daerah dataran tinggi, Seledri tumbuh dengan tangkai dan daun yang tebal.

Seledri telah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu di Eropa sebagai unsur pengobatan dan penyedap masakan. Menurut ahli sejarah botani, daun Seledri telah dimanfaatkan sebagai tanaman obat sejak abad XVII atau sekitar tahun 1640, dan diakui sebagai tumbuhan berkhasiat obat secara ilmiah baru pada tahun 1942.

Tanaman yang terlihat cantik jika ditanam dalam pot ini lebih dulu dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Daun Seledri biasa dipakai untuk memperkaya cita rasa sajian kaldu, sup kacang merah, bubur ayam, dan berbagai macam masakan di Indonesia. Di Eropa, batang Seledri yang besar sering dibuat sebagai salad dengan saus mayones atau bechamel (saus berbahan dasar susu) sebagai isi roti sandwich.

Comments

Related Post

Jintan Hitam, Rempah-rempah Berkhasiat

Jintan Hitam, Rempah-rempah Berkhasiat

Jintan hitam adalah rempah-rempah yang berasal dari wilayah Eropa Selatan, Asia Selatan dan Afrika Utara. Khasiat atau manfaat jintan hitam ini sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu serta telah digunakan secara turun-temurun oleh masyarakat untuk mengubati berbagai jenis penyakit. Rempah-rempah yang satu ini dipercaya banyak mengandung nutrisi, asam lemak dan minyak esensial. Jintan hitam Read More »

Tips Merebus Telur Agar Tidak Pecah dan Matang Sempurna

Tips Merebus Telur Agar Tidak Pecah dan Matang Sempurna

Telur merupakan salah satu sumber protein yang baik untuk tubuh, terlebih ketika mengonsumsi telur rebus yang memungkinkan perut terasa kenyang lebih lama, tentu saja hal ini dapat membantu program diet untuk menurunkan berat badan. Namun ketika mengolahnya telur tersebut seringkali meletus / pecah ketika masih setengah masak. Pernahkah anda mengalaminya? Pecahnya telur rebus ketika belum Read More »

Sejarah Buah Anggur di Indonesia

Sejarah Buah Anggur di Indonesia

Buah anggur yang memiliki banyak khasiat diantaranya sebagai Antioksidan sekaligus Antikanker Alami ini ternyata sudah dikenal oleh masyarakat dunia sejak berabad-abad tahun yang lalu. Buah anggur sudah dikenal di Timur Tengah sejak sekitar tahun 4000 SM. Baru sekitar tahun 2500 SM-an, warga Mesir mengembangkan teknologi untuk mengolah buah anggur. Sekarang anggur telah menyebar di seluruh Read More »

Beberapa Manfaat Buah-buahan beserta Kandungan Nutrisinya

Beberapa Manfaat Buah-buahan beserta Kandungan Nutrisinya

(Beberapa Manfaat Buah-buahan beserta Kandungan Nutrisinya) – Buah-buahan memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak, dimana nutrisi tersebut diperlukan sekali oleh dibutuhkan manusia. Berbagai manfaat yang dapat diambil dari buah-buahan, Berikut ini merupakan manfaat buah beserta kandungan nutrisi yang ada dalam buah-buahan yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh kita, baik itu manfaat buah apel, manfaat buah Read More »