TOP News
Home » Makanan » Mengetahui Jenis Daun untuk Masakan
Daun masakan

Mengetahui Jenis Daun untuk Masakan

Selain digunakan untuk bumbu masakan, beberapa jenis daun juga sering digunakan untuk penambah aroma pada suatu masakan.

Dedaunan ini pun tidak hanya satu jenis saja, melainkan bermacam-macam jenisnya yang dapat digunakan pada aneka masakan. Seperti halnya masakan Manado yang menggunakan daun jintan segar untuk mengolah masakan yang terbuat dari bahan ikan.

Daun jintan memiliki manfaat untuk mengurangi bau dan rasa amis pada ikan, disamping itu daun jintan juga dapat dimanfaatkan sebagai menambah kaya aroma pada masakan.

Berbeda dengan resep bumbu yang ada di daerah Sumatera, hidangan khas asal Sumatera justru menggunakan daun koja atau daun salam, daun kunyit serta daun kari. Hidangan asal Sumatera memang memakai banyak jenis daun daripada dari daerah lain. Daun daun tersebut biasa ditambahkan pada masakan berkuah santan, kari dan gulai. Misalnya daun kari, daun kari pada umumnya digunakan untuk mengolah masakan yang berasal dari Aceh.

Berbeda lagi kalau ingin memasak pepes, tentunya daun yang digunakan adalah daun kemangi. Daun kemangi sudah tidak diragukan lagi akan aromanya yang wangi dan khas, sehingga menggugah selera makan. Disamping itu daun kemangi juga dapat digunakan sebagai lalapan yang biasa mendampingi sambal. Pada umumnya daun kemangi sering digunakan untuk menambah selera pada masakan bakar-bakaran maupun makanan khas Sunda yang penuh dengna lalapan.

Sementara itu untuk masakan seafood, tumis-tumisan dan oriental lebih nikmat menggunakan taburan daun ketumbar. Aroma khas daun ketumbar mampu mengurangi aroma amis pada daging maupun ikan, dan yang tidak kalah sedapnya adalah daun jeruk purut yang selalu menghiasi dapur Indonesia.

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE