TOP News
Home » Minuman » Kandungan dan Manfaat Teh Merah (Teh Rosella)
Kandungan dan Manfaat Teh Merah (Teh Rosella) Teh merah rosella

Kandungan dan Manfaat Teh Merah (Teh Rosella)

Rosella / teh merah (Hibiscus sabdariffa Linn.) atau yang dikenal dengan tanaman teh merah merupakan tanaman dari keluarga sejenis kembang sepatu.

Kini terdapat lebih dari 100 varietas rosella yang sudah tersebar di seluruh dunia, dua varietas yang terkenal adalah altissima webster dan sabdariffa.

Kabarnya tanaman ini berasal Timur Tengah dan Afrika. Tanaman perdu ini bisa dapat tumbuh hingga mencapai 3-5 meter. Ketika sudah dewasa, tanaman ini mengeluarkan bunga berwarna merah. Bagian bunga dan bijinya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Dalam tiap 100 gr mengandung 260-280 mg vitamin C, vitamin D, B1 dan B2, disamping itu Teh Rosella mengandung KALSIUM yang tinggi tinggi (486 mg/100gr), magnesium dan Omega 3. Teh Rosella juga diperkaya Vitamin A, Zat Besi, Potasium, Asam Esensial dan Beta Caroteen.

Manfaat Teh Rosella (Teh Merah)

  • Meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.
  • Baik untuk PEROKOK karena dapat mengurangi dampak negatif dari Nikotin serta dapat membasmi virus TBC dan mengurangi ketergantungan terhadap NARKOBA seta mencegah KANKER.
  • Mengatasi BATUK, Sakit Tenggorokan, Mengobati Sariawan.
  • Menormalkan kadar GULA DARAH , ASAM URAT dan KOLESTEROL dalam tubuh.
  • Mengawetkan kehalusan kulit dan Mengurangi Keriput.
  • Melindungi dari infeksi kuman, anti bakteri , anti virus serta dapat mengobati keracunan.
  • Dapat menurunkan berat badan, cocok untuk program diet.
  • Memperbaiki metabolisme tubuh, memperlambat menopouse dan tulang keropos / pengapuran tulang.
  • Bagi Anak-anak bermanfaat mempercepat pertumbuhan OTAK, karena mengandung OMEGA-3 dan memacu pertumbuhan DHA.

Selain rasanya yang enak, kelopak bunga rosella (teh merah) memang memiliki efek farmakologis yang cukup lengkap seperti onthelmintic (membasmi cacing), diuretik (melancarkan air seni), antibakteri, antiradang, antiseptik, menurunkan panas, menurunkan tekanan darah, meluruhkan dahak, mengurangi kekentalan darah serta efektif untuk menstimulasi gerak peristaltik usus.

Daun, buah, dan biji tanaman rosella juga berperan sebagai diuretik, antisariawan, dan pereda nyeri. Kelopak rosella juga dapat membantu mengatasi panas dalam, sariawan, hipertensi, kolesterol tinggi, gangguan jantung, sembelit, mencegah kanker darah dan mengurangi resiko osteoporosis.

Tanaman Rosella (teh merah)

Tanaman Rosella (teh merah)

Comments

Related Post

Hangatkan Badan dengan Wedang Tapai Hangat

Hangatkan Badan dengan Wedang Tapai Hangat

Tapai / tape singkong yang biasa digunakan untuk membuat kue apem ini ternyata tidak hanya enak untuk hidangan Es Tapai / Es Tape saja. Namun, jika kita pandai mengolahnya tapai dapat menjadi hidangan yang dapat bermanfaat untuk tubuh seperti halnya resep wedang tapai yang dapat membantu menyetabilkan suhu tubuh. Hidangan wedang tapai hangat ini dipercaya Read More »

Peppermint, Bikin Kopi jadi Obat Pereda Stres

Peppermint, Bikin Kopi jadi Obat Pereda Stres

Kopi adalah salah satu jenis minuman yang paling banyak digemari, baik anak-anak, remaja hingga orang tua. Tidak hanya itu, bahkan sampai-sampai ada yang memadukan minuman kopi dengan kayu manis. Mengonsumsi kopi dengan tambahan cokelat memang sudah biasa dilakukan. Disamping rasanya yang nikmat, cokelat juga dapat menjadikan perasaan lebih rileks. Minuman kopi, ternyata tak hanya dapat Read More »

Cokelat, Bikin Kopi Lebih Nikmat

Cokelat, Bikin Kopi Lebih Nikmat

Minum kopi telah jadi hobi kebanyakan orang dimasa kini. Minum kopi yang biasa-biasa saja tentu juga bisa jadi bosan. Kopi merupakan minuman yang biasa dinikmati oleh berbagai kalangan ini ternyata juga lebih nikmat jika mengonsumsinya dengan tambahan cokelat. Cokelat adalah bahan tambahan makanan dan minuman yang mampu memberikan rasa dan aroma lebih nikmat pada minuman, Read More »

Susu, Pilihan Tepat Untuk Penderita Diabetes

Susu, Pilihan Tepat Untuk Penderita Diabetes

Pada umumnya penderita diabetes memiliki batasan-batasan/ukuran tertentu ketika mengonsumsi makanan maupun minuman supaya tidak meningkatkan gula darah dalam tubuh dan kondisi ini jauh berbeda dengan mereka yang tidak memiliki masalah kesehatan. Penderita diabetes diharuskan selalu mengontrol asupan makanan maupun minuman supaya gula darah dalam tubuh tidak naik terutama makanan/minuman yang memiliki kadar gula tinggi. Jika Read More »