TOP News
Home » Makanan » Pengertian Bakso dan Cara Membuat Bakso
Pengertian Bakso dan Cara Membuat Bakso Mie dan bakso lezat
img: Panduanwisata.com

Pengertian Bakso dan Cara Membuat Bakso

Bakso adalah suatu makanan berbentuk bola-bola yang terbuat dari tepung dan daging. Untuk menambah selera dan rasa, biasanya makanan ini disajikan dengan tambahan kuah dan mie.

Untuk membuat makanan bakso ini maka bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain adalah:
1 kg daging sapi
1 sdt baking soda
1/4 kg tepung sagu
3 butir telur
Es batu

Bahan yang perlu dihaluskan:
4 siung bawang merah
Garam secukupnya
4 siung bawang putih
Lada secukupnya
Bumbu penyedap secukupnya

Cara pembuatan bakso daging sapi:
Campur beberapa bahan seperti sagu, daging sapi, baking soda, bumbu yang sudah dihaluskan dan sagu, selanjutnya giling sampai halus. Untuk menjaga supaya suhu tetap rendah, maka tambahkan es batu sedikit demi sedikit, angkat jika adonan sudah halus.

Panaskan air didalam panci hingga mendidih, kemudian cetak bulat-bulat adonan bakso yang sudah digiling (bulatan dibuat sesuai selera) selanjutnya masukkan kedalam air yang sudah mendidih, tunggulah sampai mengapung dan angkat dan didinginkan.

Bahan-bahan untuk pembuatan kuah bakso:
1 sdm ebi (udang kering)
Air secukupnya (air kaldu rebusan tulang sapi)
1 sdt lada
Bumbu penyedap rasa secukupnya
2 siung bawang putih
Garam secukupnya.

Cara membuat kuah bakso:
Tumbuk dan haluskan semua bahan yang sudah dipersiapkan tadi, kemudian ditumis dengan memberikan sedikit minyak goreng hingga tercium bau harum, lalu masukkan kedalam air atau rebusan kaldu sapi yang sudah mendidih, untuk memberikan aroma daging sapi maka masukkan bakso yang sudah didinginkan kedalam rebusan kaldu rebusan tulang sapi.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk membuat sambal bakso adalah Cabai merah giling, Garam secukupnya, Minyak goreng (minyak kelapa), Bumbu penyedap. Selanjutnya tumbuk hingga halus dan tumis sampai masak hingga baunya terasa harum.

Penyajian Bakso Daging Sapi
Jika semuanya sudah selesai dimasak, untuk pemajian siapkanlah mangkuk serta mie rebus kuning, soun atau bihun, tambahkan sawi hijau dan masukkan kuah beserta baksonya, tambahkan saos, kecap dan sambal. Untuk mendapatkan kelezatan yang maksimal sajikan selagi masih hangat.

Comments

Related Post

Usir Racun Dalam Tubuh dengan Kentang

Usir Racun Dalam Tubuh dengan Kentang

Manfaat kentang tidak hanya sebatas menjadi obat sakit maag saja, namun juga mampu menjadi penawar rajun dalam tubuh. Kentang adalah salah satu bahan makanan yang efektif untuk meluruhkan racun dalam tubuh yang disebabkan oleh bahan-bahan kimia. Hal tersebut dikarenakan kentang mengandung berbagai vitamin dan mineral termasuk karotenoid dan polifenol. Seperti yang diulas oleh laman republika, Read More »

Manfaat dan Khasiat Kacang Hijau terhadap tubuh

Manfaat dan Khasiat Kacang Hijau terhadap tubuh

Manfaat kacang hijau memang sudah tidak diragukan lagi. Kacang hijau merupakan salah satu dari berbagai jenis bahan makanan yang paling banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Kacang hijau dalam bahasa latin dikenal dengan sebutan phaseolus radiatus linn, kacang hijau ini banyak dijumpai hampir disemua wilayah Indonesia. Tanaman kacang hijau biasanya tumbuh di daerah yang memiliki iklim Read More »

Makanan Rendah Kalori Berikut Ini Dianggap Dapat Merusak Diet

Makanan Rendah Kalori Berikut Ini Dianggap Dapat Merusak Diet

Kita sering menjumpai orang langsung mengonsumsi makanan dalam jumlah porsi besar ketika mengetahui lemak dan kalori dalam makanan tersebut sangat rendah. Namun ternyata makanan tersebut dipercaya malah dapat menyumbang kalori berlebihan untuk tubuh. Seperti yang diwartakan oleh laman Ivillage pada hari, Selasa (7/2/2012) bahwa 8 makanan berikut ini dapat merusak diet meskipun memiliki kadar lemak Read More »

Manfaat Buah Sirsak Terhadap Kesehatan

Manfaat Buah Sirsak Terhadap Kesehatan

Tanaman buah sirsak adalah tanaman yang berasal dari Amerika Tengah, Karibia dan Amerika Selatan. Tanaman ini masuk ke Indonesia pada abad ke-19 yang dibawa oleh pemerintah Kolonial Hindia Belanda. Buah Sirsak memiliki beberana nama yang berbeda pada suatu negara, di negara Inggris buah sirsak disebut dengan Soursop dan negara Perancis menamai buah sirsak dengan Corossol Read More »